Lambang PCTA Indonesia

Makna Dan Penjelasan Lambang 

  1. 3 (tiga) titik warna Kuning Emas : Merupakan dasar mulia seluruh agama di Indonesia: SanTri (Islam), Trinitas (Kristen/Katolik), Tripitaka (Budha), Trimurti (Hindu), San Cai (Khonghucu), Juga sebagai simbol Cipta, Rasa, Karsa; simbol 3 (tiga) Lakon manusia: Lahir, Hidup, Mati; simbol 3 (tiga) Sumpah yaitu Sumpah Palapa, Sumpah Pemuda, dan Proklamasi.
  2. Dari 3 (tiga) titik itu memancarkan 8 (delapan) Cahaya yang menyinari peta Indonesia; 8 (delapan) jalan kebenaran : Pikiran, Perasaaan, Ucapan, Tindakan, dan seterusnya, 8 (delapan) cahaya yang menyinari itu juga sebagai simbol Syukur kepada Indonesia.
  3. Latar Belakang warna sang Merah dan Putih melambangkan bangsa Indonesia sebagaimana warna bendera Negara Indonesia, Merah Putih.
  4. Tulisan Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan yang melingkar sebagai simbol tugas dari organisasi PCTA Indonesia ini adalah menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dengan ditambah tanda (+) yang disebut tapak dara, di Kristen salib, symbol swastika di Hindu atau Budha juga tapak dara. Warna hitam yang mendasari tulisan adalah symbol dari keabadian, diharapkan organisasi PCTA Indonesia akan menjadi organisasi yang abadi.