Tentang PCTAI

PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA YANG DIJIWAI MANUNGGALNYA KEIMANAN DAN KEMANUSIAAN

Organisasi ini memiliki nama: Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan.

            PERSAUDARAAN CINTA TANAH AIR INDONESIA,

Adalah nama Badannya Organisasi yang terinspirasi dari sila ke 3, 4, dan ke 5 Pancasila sedangkan,

            MANUNGGALNYA KEIMANAN DAN KEMANUSIAAN,

Adalah nama jiwanya yang terinspirasi dari sila ke 1 dan 2 dari Pancasila.

Disingkat PCTA Indonesia.

Di dalamnya terkandung maksud agar PCTA – Indonesia menjadi Organisasi yang mewujudkan karya secara nyata “Fakta Bicara” yang diwarnai oleh Nilai-nilai Luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan Dan Kemanusiaan bersifat :

  1. Mandiri yang dilandasi prinsip kebersamaan dan kegotongroyongan organisasi dengan etika serta hubungan kerjasama dengan berbagai pihak yang sesuai dengan Visi, Misi, Tujuan, sebagai perwujudan Cinta Tanah Air Indonesia.
  2. Otonom yang tidak mempunyai hubungan hirarkis dengan lembaga pemerintah, lembaga perwakilan rakyat, lembaga penegakan hukum, tetapi lebih bersifat kemitraaan dan koordinatif.
  3. Kebangsaan yang berkemanusiaan, bukan organisasi keagamaan, politik dan tidak berafiliasi dengan organisasi politik.

Sehingga di dalam organisasi PTCA Indonesia ini benar-benar di jaga untuk tidak berafiliasi dengan organisasi politik apapun dan manapun, dan organisasi PCTA ini bukanlah organisasi politik. Juga di dalam organisasi PCTA Indonesia ini juga benar-benar dijaga untuk tidak membicarakan persoalan agama.

Organisasi PCTA Indonesia adalah organisasi yang ingin menumbuh kembangkan kembali rasa cinta tanah air pada bangsa Indonesia melalui Seni, Budaya, Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi sehingga bermanfaat seluas-luasnya bagi bangsa Indonesia.